first-page
  • Alfin Ardiansyah
  • 12 Juli 2024

Berapa Minimal DP KPR Rumah dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Membeli rumah adalah impian banyak orang, tetapi sering kali terhambat oleh syarat pembayaran uang muka atau DP (Down Payment). DP adalah pembayaran awal yang harus diserahkan sebelum melanjutkan ke proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Artikel ini akan membahas tentang minimal DP KPR rumah dan bagaimana cara menghitungnya agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Pengertian DP KPR Rumah

DP KPR adalah uang muka yang harus dibayarkan oleh pembeli rumah kepada penjual atau pengembang sebelum pinjaman KPR diberikan oleh bank. DP ini biasanya dihitung sebagai persentase dari harga rumah yang ingin dibeli. Besarnya DP akan mempengaruhi jumlah pinjaman yang dapat Anda ambil dari bank serta besaran angsuran bulanan yang harus Anda bayar.

Minimal DP KPR Rumah di Indonesia

Menurut aturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, minimal DP untuk KPR rumah pertama adalah 15% dari harga rumah. Namun, beberapa bank dan pengembang perumahan menawarkan promo DP yang lebih rendah, bahkan ada yang bisa DP 0%. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya DP yang harus Anda bayarkan:

  1. Jenis Properti: Rumah tapak, apartemen, atau rumah susun biasanya memiliki kebijakan DP yang berbeda.
  2. Bank Penyedia KPR: Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait minimal DP.
  3. Kondisi Keuangan: Jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik, bank mungkin akan memberikan kelonggaran dalam besaran DP.

Cara Menghitung DP KPR Rumah

Menghitung DP KPR rumah cukup sederhana. Anda hanya perlu mengetahui harga rumah yang ingin dibeli dan persentase minimal DP yang ditetapkan oleh bank atau pengembang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 21 No. Unit 32 2 BR

Jl. Pengantin Ali , Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 891 jt

Apartemen Strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stasiun LRT Ciracas LRT City Ciracas Tower Azure lantai 21 No Unit 32 2...

Bisa Nego Dijual
  1. Tentukan Harga Rumah: Misalnya, Anda ingin membeli rumah seharga Rp500.000.000.
  2. Ketahui Persentase DP: Misalnya, bank menetapkan DP minimal 15%.
  3. Hitung DP: Kalikan harga rumah dengan persentase DP.
    Rumus: DP = Harga Rumah x Persentase DP
    Contoh Perhitungan: Harga Rumah = Rp500.000.000 Persentase DP = 15% (0,15)
    DP = Rp500.000.000 x 0,15 DP = Rp75.000.000

Jadi, Anda perlu menyiapkan DP sebesar Rp75.000.000 untuk membeli rumah seharga Rp500.000.000 dengan persentase DP 15%.

Tips Menyusun Dana untuk DP KPR

  1. Menabung Secara Teratur: Mulailah menabung sejak dini dan alokasikan sebagian dari penghasilan bulanan Anda untuk dana DP.
  2. Investasi: Pertimbangkan untuk menginvestasikan dana Anda dalam instrumen yang dapat memberikan imbal hasil lebih tinggi seperti reksa dana atau saham.
  3. Pengelolaan Keuangan yang Baik: Hindari utang konsumtif dan kelola keuangan dengan bijak untuk mempercepat terkumpulnya dana DP.

DP KPR rumah adalah langkah awal yang penting dalam proses pembelian rumah. Mengetahui besaran minimal DP dan cara menghitungnya akan membantu Anda dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik. Dengan perencanaan yang matang dan disiplin dalam menabung, Anda bisa segera memiliki rumah impian Anda.

Pastikan untuk selalu memperbarui informasi terkait kebijakan DP dari bank atau pengembang, karena ketentuan dapat berubah sesuai dengan kondisi ekonomi dan regulasi pemerintah.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No. Unit 28 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No Unit 28 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt a...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 22 No. Unit 3 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 22 No Unit 3 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 21 No. Unit 27 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 21 No Unit 27 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt a...

Bisa Nego Dijual