first-page
  • Jitu Property
  • 18 September 2020
  • 997

Plus Minus Suku Bunga KPR Fixed dan Floating

Suku bunga KPR tetap (fixed) dan fluktuatif ( floating) merupakan dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman yang dikenal dalam dunia perbankan.  Keadaan pasar memang selalu naik turun setiap saat. Umumnya,  bank mengevaluasi besarnya bunga satu tahun sekali . Bank konvensional biasanya menggunakan suku bunga fluktuatif.

Di sisi lain, ada pula bank yang memberikan sistem bunga KPR fixed  (tetap) sampai masa akhir akad, terutama bank-bank berbasis syariah. Selain bank syariah, Anda bisa menggunakan  bank BTN, karena bank ini juga menerapkan suku bunga fixed.

Biasanya, orang awam akan sulit menentukan pilihan di antara keduanya, apalagi bila tidak mengetahui dengan pasti cara perhitungan bunga tersebut.

Untuk menghilangkan kebingungan Anda, artikel berikut akan membahas plus minus suku bunga KPR fixed dan floating yang terbagi ke dalam subbahasan:

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 19 No. Unit 37 2 BR-2

Jl. Pengantin Ali , Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 19 No Unit 37 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jak...

Bisa Nego Dijual
  1. Suku Bunga Tetap atau Fixed
    1. Plus
    2. Minus
  2. Suku Bunga Mengambang atau Floating
    1. Plus
    2. Minus
  3. Suku Bunga Terbatas atau Capped

1. Suku Bunga Tetap atau Fixed

Untuk mengetahui apa perbandingan suku bunga KPR fixed dan floating, Rumah.com akan membahas dulu plus dan minus dari suku bunga fixed .

a. Plus

  1. Nasabah tidak perlu repot memikirkan berapa pembayaran cicilan tahun depan.
  2. Untuk jangka waktu pembayaran pendek, lebih nyaman mengambil suku bunga fixed
  3. Saat tren suku bunga meningkat, ambillah kredit properti dengan suku bunga tetap (fixed rate ). Karena besar kemungkinan, debitur akan mendapat keuntungan sampai beberapa tahun ke depan.

b. Minus

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Rumah Kawasan Ecoardence Residence Tipe Woodlea Unit 5 BB 11

Paradise Serpong City 2 - Tipe Woodlea Unit 5 BB 11

749 jt

Paradise Serpong City 2 Dijual Rumah Kawasan Ecoardence Residence Tipe Woodlea No Unit 5 BB 11 Harga jual mulai 749 Jt Cash keras ...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Rumah Kawasan Ecoardence Residence Tipe Lilac Unit 6 BB 5

Paradise Serpong City 2 - Tipe Lilac Unit 6 BB 5

756 jt

Dijual Rumah Kawasan Ecoardence Residence Tipe Lilac Unit 6 BB 5 Paradise Serpong City 2 Luas Bangunan 57 m2 Luas Tanah 5 x 12 3 K...

Bisa Nego Dijual