first-page
  • Jitu Property
  • 08 November 2021
  • 502

Membersihkan rumah setelah banjir

Banjir memang mendatangkan kerugian yang besar bagi masyarakat. Tidak hanya keselamatan jiwa yang terancam, rumah yang sempat terendam banjir pun bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab penyakit. Oleh sebab itu rumah yang sempat terendam banjir harus segera dibersihkan.

Membersihkan rumah setelah terendam banjir tidak bisa sembarangan ya Sobat, Berikut jitu team ingin memberitahu tata cara membersihkan rumah setelah terendam banjir.

  1. Bersihkan lumpur

Langkah pertama yang Sobat lakukan adalah membersihkan lumpur yang berada di dalam rumah, Sebab, semakin kering lumpur semakin susah untuk dibersihkan. Cara mudah membersihkan lantai yang terkena lumpur adalah dengan air selang bertekanan tinggi sehingga lumpur mudah hilang.

  1. Bersihkan Lantai dengan Cairan Antiseptik

Langkah kedua, bersihkan permukaan lantai menggunakan cairan pembersih anti kuman. Tapi, sebelumnya bersihkan dulu dengan air sampai di tahap akhir, guna memastikan tidak ada bakteri yang mengendap, baru gunakan cairan pembersih. Lakukan sampai berulang bila Sobat mau mendapatkan hasil maksimal. Sebagai tambahan, gunakan air hangat ketika mengepel permukaan lantai yang sudah terendam air banjir, guna untuk membunuh kuman yang bersarang di lantai.

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No. Unit 3 Tipe Studio

Jl. Kesuma Puri Raya , Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No Unit 3 Studio A Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an Hi...

Bisa Nego Dijual
  1. Bersihkan tembok rumah

Cara membersihkan rumah bekas banjir selanjutnya adalah dengan segera melepas wallpaper pada tembok untuk menghindari sisa-sisa air yang dapat meresap dan membuat tembok berjamur. Jika tembok sudah dipastikan kering dengan sempurna, lapisi tembok rumah dengan cat anti air demi menghindari kerusakan yang lebih parah.

  1. Rendam peralatan makan di air hangat

Taruh piring, gelas, dan mangkuk dalam suatu wadah besar yang sudah diberikan sabun penghilang kuman. Rendam di dalam air hangat selama 2-3jam. lalu cuci bersih dan keringkan. Alat masak sebaiknya direndam di dalam air mendidih selama 15 menit. Semua lemari dan meja makan wajib di bersihkan dengan cairan penghilang kuman. Karena jika tidak buru-buru di bersihkan kemungkinan besar bisa jadi sarang kuman.

  1. Jangan ragu membuang barang yang rusak karena banjir

Sebaliknya, jangan ragu pula untuk membuang perabotan yang rusak karena air. Contohnya karpet, peralatan kayu, kain, dan kasur yang terendam air lebih dari 24 jam. Menurut laman Embassy Cleaner, mereka tidak akan bisa kembali seperti semula dan mengandung berbagai kuman yang tidak baik untuk kesehatan Sobat.

Nah, itu dia sobat membersihkan rumah setelah terendam banjir, agar terasa lebih mudah, lakukan langkah membersihkan rumah pasca banjir ini secara bersama-sama dengan anggota keluarga, jangan lupa setelah itu konsumsi makan makanan yang bergizi disertai suplemen multivitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh Sobat dan keluarga.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica No. 1 Tipe Megame SI - 07

Perumahan Harvest City (Megame) No. 1

542 jt

Perumahan Harvest City Megame No 1 Harverst City Sakura Indica Tipe Megame 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 37 m Luas Tanah 72 m Dapur...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica Tipe Harumi SI - 10 Kab. Bekasi

Perumahan Harvest City (Harumi)

454,5 jt

Harverst City Sakura Indica Tipe Harumi 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 27 m Luas Tanah 60 m Dapur 1 Carport Taman Belakang Taman Dep...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica No. 7 Tipe Megame SI - 07

Perumahan Harvest City (Megame) No. 7

542 jt

Perumahan Harvest City Megame No 7 Harverst City Sakura Indica Tipe Megame 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 37 m Luas Tanah 72 m Dapur...

Bisa Nego Dijual