first-page
  • Jitu Property
  • 23 September 2021
  • 6194

Mengenal Sejarah Rumah Limas

Rumah Limas atau rumah Bari merupakan salah satu peninggalan kebudayaan dari Kerajaan Sriwijaya yang mulai dikenal masyarakat sebagai rumah tradisional sejak zaman Kesultanan Palembang.

Rumah yang sarat dengan benda-benda bersejarah dan filosofi ini masih kokoh berdiri dan terpelihara dengan baik di kawasan Museum Balaputradewa Palembang Sumatera Selatan.

Rumah limas juga menjadi icon Kota Palembang sebagai salah satu bentuk kearifan lokal yang bertahan hingga saat ini, nama limas pada desain rumah adat ini berasal dari bentuk atapnya yang menyerupai piramida terpenggal atau limasan.

Selain keindahan dan kemegahan bangunan sejumlah kegiatan dan tradisi yang kental akan nilai budaya sebagai pedoman hidup masyarakat Palembang juga menjadi bagian menarik dari rumah Dimas ini Rumah Limas berbentuk persegi panjang berdiri di atas tiang kayu atau kulit memiliki luas mencapai 1000 meter persegi.

Iklan
Iklan

Dijual unit Apartment LRT - The Premier MTH , View : Pool Lantai 7

Jl. MT Haryono Kav. 25-26, Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

IDR 1,229 M

View Pool 1 Kamar Tidur Ruang Tamu Ruang Makan Lantai Homogenous tile Dinding Dinding beton ringan Interior finishing cat Kamar Ti...

Bisa Nego Dijual

Rumah tradisional ini berisi beragam perlengkapan layaknya rumah bangsawan zaman dulu seperti tempat tidur serta sejumlah peralatan pernikahan berupa timbang tangan calon pengantin dengan kitab suci.

Rumah Limas saat ini masih menjadi salah satu pusat pariwisata yang sering dikunjungi, Rumah ada Khas Palembang ini yang sudah pada pada sejak 1835 dibangun pada tahun 1830. 

Pemiliknya Bernama Pangeran Syarif Abdurrahman al-habsyi berkebangsaan Arab, menurut data sejarah rumah ini sudah tiga kali berpindah. Rumah Limas semakin terkenal ketika dicetak pada uang lembaran Rp 10.000 keluaran tahun 2006.

Rumah Bari istilah lain orang Palembang menyebutnya, Rumah Bari yang berarti Rumah Lama, Ketika anda datang berkunjung ke rumah limas bisa Anda lihat dari bagian luarnya saja sudah tergambar betapa tingginya nilai historis yang ada, arsitektur dengan atapnya berbentuk unik, bagian atas ada makna makna simbolis berbentuk tanduk.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Rumah Perumahan, Gunung Lawu No. 68, Green Mountain Residence

Cluster Green Mountain Residence, Gunung Lawu

1,9 M

Cluster Perumahan Green Mountain Residence Gunung Lawu No 68 250m di atas permukaan laut 5 Menit ke Jungle Land Pemandangan Spekta...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Rumah Perumahan, Gunung Lawu No. 7, Green Mountain Residence

Cluster Green Mountain Residence, Gunung Lawu

3,979 M

Cluster Perumahan Green Mountain Residence Gunung Lawu No 7 250m di atas permukaan laut 5 Menit ke Jungle Land Pemandangan Spektak...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Rumah Perumahan, Gunung Lawu No. 26, Green Mountain Residence

Cluster Green Mountain Residence, Gunung Lawu

1,51 M

Cluster Perumahan Green Mountain Residence Gunung Lawu No 26 250m di atas permukaan laut 5 Menit ke Jungle Land Pemandangan Spekta...

Bisa Nego Dijual