first-page
  • Jitu Property
  • 18 September 2020
  • 1062

Panduan Beli Rumah dengan KPR Syariah

Bila Anda ingin memiliki rumah impian, salah satu jalur yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan KPR Syariah. KPR Syariah merupakan salah satu produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang banyak ditawarkan bank-bank di Indonesia.

KPR Syariah berbeda dengan KPR konvensional pada umumnya dan akan dijelaskan dalam artikel ini. Berikut beberapa poin yang akan dibahas :

  1. Beda KPR Syariah dengan KPR Konvensional
  2. Ragam KPR iB (Islamic Banking)
  3. Kelebihan KPR Syariah
  4. Syarat dan Ketentuan Wajib Calon Debitur
  5. Bank Penyedia KPR Syariah

Beda KPR Syariah dengan KPR Konvensional

Seperti dijelaskan dalam situs resmi OJK , Pada KPR syariah, yang ditransaksikan adalah barang (dalam hal ini rumah) dengan prinsip jual-beli (murabahah). 

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No. Unit 7 2 BR-2

Jl. Pengantin Ali , Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No Unit 7 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jaka...

Bisa Nego Dijual

Dalam transaksi tersebut, bank syariah ‘seakan’ membeli rumah yang diinginkan konsumen dan menjualnya kepada konsumen tersebut dengan cara dicicil. KPR Syariah juga tidak mengenakan bunga, namun bank mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah. 

Contoh simulasi KPR Syariah : Pak Irfan ingin membeli rumah yang harga tunainya Rp600 juta. Lalu pihak bank syariah akan membeli rumah tersebut dan menjual kembali kepada Pak Irfan dengan mengambil margin keuntungan Rp150 juta. 

Maka uang yang harus Pak Irfan cicil selama masa tenor adalah Rp750 juta, dikurangi jumlah uang muka.

Selain lebih memudahkan dari sisi cicilan, nasabah KPR syariah pun diuntungkan ketika ingin melunasi angsuran sebelum masa kontrak berakhir. Sebab bank syariah tidak akan mengenakan penalty seperti bank konvensional.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No. Unit 35 2 BR

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 891 jt

Apartemen Strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stasiun LRT Ciracas LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No Unit 35 2...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No. Unit 30 2 BR

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 891 jt

Apartemen Strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stasiun LRT Ciracas LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No Unit 30 2...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 18 No. Unit 51 2 BR-2

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 18 No Unit 51 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jak...

Bisa Nego Dijual