first-page
  • Alfin Ardiansyah
  • 05 Juli 2024

Punya Rumah Tidak Terpakai: Lebih Untung Dijual atau Dikontrakkan?

Memiliki rumah tidak terpakai seringkali menimbulkan dilema: apakah lebih baik dijual atau dikontrakkan? Keputusan ini tergantung pada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dengan cermat agar anda bisa mengetahui keuntungan dan kerugian dari kedua pilihan tersebut.

Keuntungan Menjual Rumah Kosong

  1. Pemasukan Cepat dan Tunai: Menjual rumah memberikan pemasukan tunai yang cepat dan langsung. Ini sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan uang dalam waktu singkat untuk keperluan mendesak atau investasi lainnya.
  2. Menghindari Biaya Perawatan: Rumah kosong memerlukan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi baik. Dengan menjualnya, Anda menghindari biaya-biaya perawatan seperti perbaikan, pemeliharaan, dan pajak properti.
  3. Risiko Lebih Rendah: Rumah kosong yang dibiarkan terlalu lama berisiko mengalami kerusakan, pencurian, atau vandalisme. Dengan menjualnya, Anda menghilangkan risiko-risiko tersebut.

Keuntungan Mengontrakkan Rumah Kosong

  1. Pendapatan Pasif: Mengontrakkan rumah memberikan pendapatan pasif bulanan atau tahunan  yang stabil. Ini bisa menjadi sumber pemasukan tambahan yang berkelanjutan, terutama jika properti berada di lokasi strategis.
  2. Potensi Kenaikan Nilai Properti: Properti yang disewakan memiliki potensi untuk naik nilainya seiring waktu. Dengan demikian, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan besar jika memutuskan untuk menjualnya di masa depan.
  3. Penyimpanan Investasi: Mengontrakkan rumah memungkinkan Anda mempertahankan aset properti tersebut sebagai investasi jangka panjang. Properti sering dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang aman dan menguntungkan.

Pertimbangan Penting Sebelum Memutuskan

  1. Kondisi Pasar Properti: Perhatikan kondisi pasar properti saat ini. Jika pasar sedang naik, menjual rumah mungkin memberikan keuntungan lebih besar. Namun, jika pasar lesu, mengontrakkan bisa menjadi pilihan yang lebih bijak.
  2. Kebutuhan Finansial: Tentukan kebutuhan finansial Anda. Jika Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat, menjual mungkin lebih menguntungkan. Jika tidak, pendapatan pasif dari sewa bisa menjadi solusi jangka panjang yang stabil.
  3. Lokasi Properti: Lokasi sangat mempengaruhi keputusan ini. Properti di lokasi strategis dengan permintaan tinggi lebih mudah disewakan dan memberikan pendapatan yang konsisten. Sebaliknya, properti di lokasi yang kurang diminati mungkin lebih baik dijual.
  4. Kondisi Properti: Evaluasi kondisi fisik rumah. Properti yang memerlukan banyak perbaikan mungkin lebih baik dijual untuk menghindari biaya perbaikan yang tinggi. Sebaliknya, properti yang dalam kondisi baik bisa menghasilkan pendapatan sewa yang memuaskan.

Studi Kasus: Keputusan Menjual vs. Mengontrakkan

Misalnya, seorang pemilik rumah di pusat kota Jakarta menghadapi dilema ini. Jika dijual, rumah tersebut dapat menghasilkan Rp1,5 miliar. Namun, jika disewakan, rumah tersebut bisa menghasilkan Rp15 juta per bulan. Dalam setahun, pendapatan sewa mencapai Rp180 juta. Dalam 10 tahun, total pendapatan sewa menjadi Rp1,8 miliar, dengan asumsi tidak ada kenaikan harga sewa. Dalam kasus ini, mengontrakkan rumah bisa lebih menguntungkan dalam jangka panjang, terutama jika nilai properti juga meningkat.

Mana yang Lebih Cuan?

Keputusan antara menjual atau mengontrakkan rumah kosong sangat bergantung pada situasi dan kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda membutuhkan dana cepat atau ingin menghindari biaya perawatan dan risiko, menjual mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Anda mencari pendapatan pasif yang stabil dan memiliki pandangan jangka panjang terhadap investasi properti, mengontrakkan rumah bisa menjadi opsi yang lebih menguntungkan.

Pertimbangkan semua faktor di atas dengan cermat, konsultasikan dengan ahli properti jika perlu, dan buatlah keputusan yang paling sesuai dengan kondisi finansial dan tujuan investasi Anda. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan keuntungan dari rumah kosong yang Anda miliki.

Iklan
Iklan

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City, Lantai 28 No unit 1 2BR-A

Jl. MH. Thamrin No.63, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

IDR 2,164 M

Dijual Apartemen Saffron Noble Sentul City Lantai 28 No unit 1 2BR A Tower pertama draped 4 tower Saffron Residence di CENTERRA Se...

Bisa Nego Dijual

Sumber : https://www.detik.com/

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No. Unit 44 2 BR-2

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 23 No Unit 44 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jak...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Tower Azure lantai 22 No. Unit 54 2 BR Corner

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,211 M

Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 22 No Unit 54 2 BR Corner Apartemen strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stas...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No. Unit 31 2 BR

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 891 jt

Apartemen Strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stasiun LRT Ciracas LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No Unit 31 2...

Bisa Nego Dijual