first-page
  • Alfin Ardiansyah
  • 08 Juli 2024

Total Duit Potongan Gaji Tak Cukup Buat Beli Rumah, BP Tapera: Ada Solusinya

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mengakui bahwa dana yang dikumpulkan dari potongan gaji dalam program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mungkin tidak cukup untuk membeli rumah secara langsung. Namun, BP Tapera menegaskan bahwa ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya mengenai perhitungan jumlah uang dari potongan gaji sebesar 3 persen yang dikalikan dengan durasi kepesertaan Tapera, yang ternyata tidak mencukupi untuk membeli rumah.

Tantangan yang Dihadapi

Banyak pekerja mengeluhkan bahwa potongan gaji yang disisihkan untuk Tapera tidak mencukupi untuk membeli rumah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa tujuan program Tapera, yaitu memudahkan masyarakat memiliki rumah, tidak akan tercapai. Jika peserta Tapera dianggap memenuhi syarat setelah menabung secara rutin selama satu tahun, maka persyaratan dan proses pengajuan kepada pihak perbankan akan lebih mudah karena peserta dianggap mampu menyisihkan penghasilan setiap bulan.

Solusi yang Ditawarkan oleh BP Tapera

  1. Pemberian Subsidi Pemerintah: BP Tapera berencana bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Subsidi ini akan membantu mengurangi beban biaya yang harus ditanggung untuk membeli rumah.
  2. Kemitraan dengan Pengembang Perumahan: BP Tapera akan bekerja sama dengan pengembang perumahan untuk menyediakan hunian yang terjangkau bagi peserta Tapera. Dengan demikian, peserta dapat membeli rumah dengan harga yang lebih terjangkau.
  3. Pembiayaan Jangka Panjang dengan Bunga Rendah: Salah satu solusi yang diusulkan adalah menyediakan opsi pembiayaan jangka panjang dengan bunga rendah. Ini akan memudahkan peserta untuk mencicil rumah dalam jangka waktu yang lebih panjang dengan beban bunga yang lebih ringan.

Optimisme BP Tapera

BP Tapera tetap optimis bahwa dengan berbagai skema yang ada, kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dapat diwujudkan. Meskipun potongan gaji yang dikumpulkan mungkin tidak mencukupi untuk membeli rumah secara langsung, solusi-solusi yang diusulkan dapat membantu mengatasi hambatan ini.

Iklan
Iklan

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 31 Unit 23 Suite A

Jl. MH. Thamrin No.63, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

IDR 1,255 M

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 31 No unit 23 Suite A Tower pertama draped 4 tower Saffron Residence di CENTERRA...

Bisa Nego Dijual

BP Tapera menegaskan komitmennya untuk terus mencari cara agar program Tapera dapat berjalan efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Sumber : https://www.kompas.com/

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No. Unit 41 2 BR-2

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No Unit 41 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jak...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 18 No. Unit 28 2 BR

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 891 jt

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 18 No Unit 28 2 BR Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jakar...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Tower Azure lantai 27 No. Unit 5 2 BR Corner

Jalan Pengantin Ali, RT 04/RW 06, Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,211 M

Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 27 No Unit 5 2 BR Corner Apartemen strategis di LRT City Ciracas yang nempel dengan stasi...

Bisa Nego Dijual