first-page
  • Alfin Ardiansyah
  • 10 Juli 2024

Ingin Beli Rumah di Gang? Apakah Bisa Pakai KPR? Ini Dia Jawabannya

Memahami KPR untuk Rumah di Gang

Lokasi merupakan salah satu aspek paling utama pada rumah. Kamu bisa membeli rumah di berbagai lokasi, mulai dari pedesaan, pegunungan, tengah kota, bahkan rumah di gang sempit sekali pun. Akan tetapi, banyak orang yang memiliki anggapan bahwa rumah di gang sulit untuk mendapatkan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah di gang bisa memenuhi syarat untuk KPR. .

Syarat KPR untuk Rumah di Gang

  1. Akses Jalan: Salah satu syarat utama agar rumah di gang bisa mendapatkan KPR adalah akses jalan yang memadai. Jalan tersebut harus bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, setidaknya untuk keperluan darurat.
  2. Sertifikat dan Legalitas: Rumah harus memiliki sertifikat tanah yang lengkap dan legalitas yang jelas. Bank akan melakukan verifikasi dokumen secara ketat untuk memastikan tidak ada masalah hukum.
  3. Kondisi Fisik Rumah: Kondisi fisik rumah juga menjadi pertimbangan penting. Rumah harus layak huni dan tidak dalam kondisi yang memerlukan perbaikan besar.

Proses Pengajuan KPR

Proses pengajuan KPR untuk rumah di gang tidak jauh berbeda dengan rumah lainnya. Calon pembeli hanya perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat tanah, IMB(Izin Mendirikan Bangunan), dan dokumen pribadi. Setelah itu, bank akan melakukan survei lapangan untuk menilai kondisi rumah dan akses jalannya.

Tips Mendapatkan KPR untuk Rumah di Gang

  1. Cari Informasi: Sebelum mengajukan KPR, sebaiknya cari informasi dari beberapa bank mengenai kebijakan mereka terkait rumah di gang.
  2. Konsultasi dengan Notaris: Konsultasikan rencana pembelian dan legalitas rumah dengan notaris untuk memastikan semua dokumen lengkap dan sah.
  3. Perbaikan Akses Jalan: Jika memungkinkan, lakukan perbaikan akses jalan agar sesuai dengan persyaratan bank. Ini bisa meningkatkan peluang disetujuinya KPR.

Mendapatkan KPR untuk rumah di gang memang mungkin, asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh bank. Dengan persiapan yang baik dan konsultasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan pembiayaan untuk membeli rumah di gang.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No. Unit 6 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No Unit 6 Studio A Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an Hi...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No. Unit 28 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No Unit 28 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt a...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No. Unit 2 Tipe Studio

Jalan Dukuh Pinggir II, RT 11/RW 05, Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No Unit 2 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an...

Bisa Nego Dijual