first-page
  • Dedy Reinaldy
  • 17 April 2023
  • 731

Lima Tips Ampuh untuk Mengecek Reputasi Developer sebelum Membeli Properti

Cepat atau lambat setiap orang pasti merencanakan untuk membeli sebuah properti, entah rumah, apartemen, ruko, atau tanah. Mengingat di zaman sekarang ini bidang properti tidak hanya dimanfaatkan sebagai hunian, tapi juga bentuk investasi yang menguntungkan. Maka dari itu, diperlukan pengembang terpercaya demi mengukur kualitas properti yang hendak kalian miliki. 

Dalam menemukan developer yang kredibel jelas memerlukan ketelitian, karena belakangan banyak pula yang kurang bertanggung jawab penuh terhadap propertinya. Supaya terhindar dari hal-hal tidak diinginkan seperti itu, memeriksa nama baik pengembang adalah tahap awal sebelum kalian memutuskan membeli properti.  

Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengecek reputasi developer properti : 

Mencari Informasi di Internet

Di era serba digital, mencari informasi secara cepat dan tepat bukan lagi hal yang sulit. Kalian bisa mendapatkan segala detail tentang developer yang diinginkan bahkan cukup melalui gawai ponsel. Dari sana kalian bisa menelusuri situs web resmi developer, forum properti, dan media sosialnya. Baca ulasan dan komentar dari pembeli properti sebelumnya mengenai keberhasilan transaksi mereka dengan developer tersebut.

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No. Unit 44 2 BR-2

Jl. Pengantin Ali , Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 30 No Unit 44 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jak...

Bisa Nego Dijual

Melakukan Survei Langsung

Masih belum yakin dengan informasi yang disampaikan melalui media daring atau brosur? Kalian dapat melakukan survei ke lokasi. Kunjungi proyek-proyek yang telah dibangun oleh developer terkait dan coba temui pemilik yang sudah membeli dan menempati propertinya. Tanyakan pengalaman mereka bersama developer, termasuk soal kualitas bangunan, layanan purna jual, dan masalah apa saja yang timbul selama kepemilikan properti.

Memeriksa Track Record

Periksa rekam jejak developer dengan mengecek proyek-proyek yang telah mereka kerjakan sebelumnya. Informasi ini dapat diperoleh melalui berbagai sumber, bisa dari internet atau klien yang sukses bekerja sama. Pastikan developer memiliki track record yang baik dalam hal membangun dan mengembangkan properti berkualitas. Tidak ketinggalan, developer harus mampu memberikan layanan purna jual yang memuaskan.

Memastikan Legalitas

Membeli properti dengan cara tepat, artinya kalian wajib memperhatikan semua keabsahannya. Oleh karena itu, cari developer yang memenuhi semua persyaratan legal, mulai dari izin bangunan, izin lingkungan, dan izin-izin lain yang dibutuhkan. Tidak lupa untuk selalu memastikan bahwa sertifikat tanah dan bangunan yang dimiliki oleh developer resmi dan lengkap.

Berkonsultasi dengan Ahli Properti

Seiring meningkatnya daya beli seseorang terhadap bidang properti, sekarang sudah banyak pula disediakan jasa property consultant yang siap membantu. Selain itu, berkonsultasi dengan ahli properti seperti agen properti, notaris, atau pengacara yang berpengalaman dapat mendukung kalian dalam menilai developer properti yang layak. Para profesional ini mampu memberikan saran mengenai tindakan yang benar untuk diambil sebelum memutuskan membeli properti.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Apartment di Bintaro Icon, Tower Amethyst Tangerang Selatan

Jl. Jombang Raya , Tangerang Selatan, Banten

IDR 1,445 M

APARTEMEN BINTARO ICON Tower Amethyst Lantai 16 No unit 18 Pilihan paling tepat untuk berinvestasi ataupun dihuni Kemudahan Akses ...

Bisa Nego Dijual