first-page
  • Errica Vannie
  • 31 Maret 2023
  • 970

Tips Jitu Membeli Rumah KPR Sesuai Kebutuhan Anda

Banyak orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri, terutama bagi pasutri yang batu menikah.  Sehingga hal ini membuat harga properti kian lama semakin meningkat, karena ketersediaan rumah dan lahan semakin sedikit. Apalagi kendala dalam pembayaran pun bisa menjadi kendala dalam membeli rumah.

Maka dari itu, banyak orang membeli rumah  dengan dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena menggunakan metode cicilan. Melalui KPR juga keuangan dapat diatur engan  efektif  tergantung keadaan finansial yang bersangkutan. Apalagi saat ini, banyak fasilitas perbankan yang menyediakan layanan KPR dengan ketentuan bunga yang berbeda.

Ingin punya rumah pribadi? Yuk, baca tips dari Jitu Property!

1. Cari Tahu Harga Rumah

Tips pertama sebelum membeli rumah dengan KPR adalah cari tahu harga rumah yang sesuai dengan budget yang dimiliku. Sehingga, kita harus tahu dulu berapa harga rumah yang bisa dibeli agar tidak repot saat bayar cicilan tiap bulannya.

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No. Unit 2 Tipe Studio

Jl. Kesuma Puri Raya , Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 19 No Unit 2 Studio A Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an Hi...

Bisa Nego Dijual

2. Kenali Ragam KPR

Setelah mengetahui budget untuk beli rumah, sekarang saatnya  mengenali jenis-jenis KPR. Ada KPR bersubsidi untuk orang-orang dengan penghasilan kecil, ada KPR Non-bersubsidi yang bisa dipakai oleh siapa saja, dan ada juga KPR Syariah yang menggunakan prinsip akad murabahah atau akad jual beli.

3. Cari Tahu Sumber KPR

Agar bisa mendapatkan bunga terbaik, Anda bisa mencari tahu dari beberapa bank yang ada. Setelah itu, Anda bisa susun urutan bank dari yang kasih bunga ringan sampai besar dan yang punya keuntungan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa pilih penyedia KPR yang paling cocok dengan kemampuan. Jangan lupa, perhatikan peraturan tiap-tiap pemberi KPR. ya !

4. Coba Simulasi KPR

Nah, sekarang saatnya mencoba simulasi KPR untuk tahu berapa besar cicilan yang harus dibayar dan beserta bunganya. Anda juga bisa tanya-tanya suku bunga yang diberikan dan apakah bunga tetap atau bunga mengambang. Ini sangat penting agar Anda bisa tau berapa besarnya cicilan yang harus kamu bayar tiap bulan.

5. Pilih KPR yang Mudah

Sebelum Anda ambil KPR, Anda harus cermat dan teliti masing-masing pemberi KPR. Kadang-kadang bank bisa kasih promo bunga kecil pada tahun pertama dan kedua. Tapi, pada tahun berikutnya kamu bakal bayar dengan bunga efektif sesuai suku bunga yang sudah ditentukan. Jadi, pastikan kamu pilih bank yang bisa membantu dengan cepat dan memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit Apartment LRT City - Green Avenue. Tipe Studio A2. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 675,17 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio A2 Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kamu Ka...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City - Green Avenue. Tipe Studio 1 BR-A. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 630 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio 1 BR A Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kam...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit Apartment LRT City - Green Avenue. Tipe Studio B1. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 523,55 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio B1 Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kamu Ka...

Bisa Nego Dijual