first-page
  • Errica Vannie
  • 31 Maret 2023
  • 1091

Tips Jitu Membeli Rumah KPR Sesuai Kebutuhan Anda

Banyak orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri, terutama bagi pasutri yang batu menikah.  Sehingga hal ini membuat harga properti kian lama semakin meningkat, karena ketersediaan rumah dan lahan semakin sedikit. Apalagi kendala dalam pembayaran pun bisa menjadi kendala dalam membeli rumah.

Maka dari itu, banyak orang membeli rumah  dengan dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena menggunakan metode cicilan. Melalui KPR juga keuangan dapat diatur engan  efektif  tergantung keadaan finansial yang bersangkutan. Apalagi saat ini, banyak fasilitas perbankan yang menyediakan layanan KPR dengan ketentuan bunga yang berbeda.

Ingin punya rumah pribadi? Yuk, baca tips dari Jitu Property!

1. Cari Tahu Harga Rumah

Tips pertama sebelum membeli rumah dengan KPR adalah cari tahu harga rumah yang sesuai dengan budget yang dimiliku. Sehingga, kita harus tahu dulu berapa harga rumah yang bisa dibeli agar tidak repot saat bayar cicilan tiap bulannya.

Iklan
Iklan

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 28 Unit 5 Suite A

Jl. MH. Thamrin No.63, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

IDR 1,233 M

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 28 No unit 5 Suite A Tower pertama draped 4 tower Saffron Residence di CENTERRA ...

Bisa Nego Dijual

2. Kenali Ragam KPR

Setelah mengetahui budget untuk beli rumah, sekarang saatnya  mengenali jenis-jenis KPR. Ada KPR bersubsidi untuk orang-orang dengan penghasilan kecil, ada KPR Non-bersubsidi yang bisa dipakai oleh siapa saja, dan ada juga KPR Syariah yang menggunakan prinsip akad murabahah atau akad jual beli.

3. Cari Tahu Sumber KPR

Agar bisa mendapatkan bunga terbaik, Anda bisa mencari tahu dari beberapa bank yang ada. Setelah itu, Anda bisa susun urutan bank dari yang kasih bunga ringan sampai besar dan yang punya keuntungan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa pilih penyedia KPR yang paling cocok dengan kemampuan. Jangan lupa, perhatikan peraturan tiap-tiap pemberi KPR. ya !

4. Coba Simulasi KPR

Nah, sekarang saatnya mencoba simulasi KPR untuk tahu berapa besar cicilan yang harus dibayar dan beserta bunganya. Anda juga bisa tanya-tanya suku bunga yang diberikan dan apakah bunga tetap atau bunga mengambang. Ini sangat penting agar Anda bisa tau berapa besarnya cicilan yang harus kamu bayar tiap bulan.

5. Pilih KPR yang Mudah

Sebelum Anda ambil KPR, Anda harus cermat dan teliti masing-masing pemberi KPR. Kadang-kadang bank bisa kasih promo bunga kecil pada tahun pertama dan kedua. Tapi, pada tahun berikutnya kamu bakal bayar dengan bunga efektif sesuai suku bunga yang sudah ditentukan. Jadi, pastikan kamu pilih bank yang bisa membantu dengan cepat dan memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Gudang Multiguna M2 Parahyangan FO & Business Park Blok C, 12B

Parahyangan FO Blok C No. 12 B

2,493 M

Tipe Gudang M2 Blok C No 12 B Pondasi Tiang Pancang Beton Bertulang Dinding Bata Plester ACI Finishing Cat Lantai Loading Dock Cor...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Gudang C Parahyangan FO & Business Park Blok C No. 25

Parahyangan FO Blok C No. 25

2,288 M

Tipe Gudang C Blok C No 25 Pondasi Tiang Pancang Beton Bertulang Dinding Bata Plester ACI Finishing Cat Lantai Loading Dock Cor Be...

Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Gudang C Parahyangan FO & Business Park Blok C No. 31

Parahyangan FO Blok C No. 31

2,288 M

Tipe Gudang C Blok C No 31 Pondasi Tiang Pancang Beton Bertulang Dinding Bata Plester ACI Finishing Cat Lantai Loading Dock Cor Be...

Dijual