first-page
  • Handoyo Saputra
  • 15 Maret 2023
  • 715

Dampak Penutupan Silicon Valley Bank Terhadap Perbankan Indonesia

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penutupan Silicon Valley Bank (SVB) oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) Amerika Serikat pada 10 Maret 2023 tidak akan memiliki dampak signifikan pada industri perbankan Indonesia. 

Hal ini dikarenakan kondisi perbankan Indonesia yang kuat dan stabil serta tidak memiliki hubungan bisnis dengan SVB.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menegaskan bahwa bank-bank di Indonesia tidak memberikan kredit dan investasi kepada perusahaan teknologi startup maupun kripto, berbeda dengan SVB dan perbankan di AS umumnya. 

Oleh karena itu, masyarakat dan industri di Indonesia tidak perlu terpengaruh oleh spekulasi yang berkembang di kalangan masyarakat.

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 14 No. Unit 11 2 BR-2

Jl. Pengantin Ali , Jakarta Timur, DKI Jakarta

IDR 1,478 M

Unit LRT City Ciracas Tower Azure lantai 14 No Unit 11 2 BR 2 Hai Elartizen Miliki hunian dengan konsep TOD Terbesar di Jakarta de...

Bisa Nego Dijual

Sejak krisis keuangan pada tahun 1998, Indonesia telah melakukan langkah-langkah penting dalam rangka penguatan kelembagaan, infrastruktur hukum, dan tata kelola serta perlindungan nasabah yang menciptakan sistem perbankan yang kuat, resilien, dan stabil. 

Hal ini tercermin dari kinerja industri perbankan yang baik dan solid serta tetap tumbuh positif di tengah tekanan perekonomian domestik dan global.

Saat ini, kondisi perbankan Indonesia menunjukkan kinerja likuiditas yang baik. Aset perbankan juga terjaga pada komposisi yang proporsional dengan komposisi Dana Pihak Ketiga (DPK) yang didominasi oleh current account and saving account (CASA) atau dana murah yang semakin meningkat sehingga tidak sensitif terhadap pergerakan suku bunga. 

Selain itu, kinerja lainnya seperti risiko kredit, risiko pasar, permodalan, dan profitabilitas masih terjaga dan tumbuh positif.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

The Sail Melaka - Bay 2 5 Star Luxury Hotel. No Unit 1919. Malaysia

Jalan Kota Laksamana, Melaka, Melaka

MYR 910,22 rb

The Sail Bay 2 5 Star Luxury Hotel Unit No 1919 31 79 sqm Price MYR 903 375 Number of bathrooms 1 Number of bedrooms 1 The Sail Ba...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

The Sail Melaka - Bay 2 5 Star Luxury Hotel. No Unit 1513 A. Malaysia

Jalan Kota Laksamana, Melaka, Melaka

MYR 1,56 jt

The Sail Bay 2 5 Star Luxury Hotel Unit No 1513A Room 13A 56 13 sqm Price MYR 1 558 793 Number of bathrooms 1 Number of bedrooms 1...

Bisa Nego Dijual